Monday 15 August 2016

TANTANGAN #2: JURNAL

Hai, di jurnal kali ini aku akan menjelaskan proses mengerjakan tantangan #2. yang pertama, ya sudah pasti membuka web Taman Baca Garasi dan mulai membaca satu persatu tantangan yang diberikan, dan kadang bertanya jika tidak paham. Lalu aku mulai memikirkan kemampuan-kemapuan yang kira-kira dibutuhkan dalam perjalanan Eksplorasi Oase. Tak lama berpikir terkumpul 29 kemampuan.

Yang menjadi kendala adalah wisemapping yang tak bisa digunakan (sebenarnya sih ga ngerti), jadi aku menggunakan realtimeboard untuk membuat mind map. Yang menarik dari tantangan ini menurutku, karena kali ini aku mencoba membuat mindmapku sendiri. Hal yang aku pelajari adalah, ternyata butuh lebih banyak kemampuan yang dibutuhkan dalam perjalanan dari yang diperkirakan.

Dibawah ini adalah kemampuan yang menurutku penting dalam Eskplorasi Oase. Yang berwarna hijau adalah yang sudah aku kuasai dan yang merah adalah yang aku masih belum yakin.

1.      Membeli tiket

2.      Packing

3.      Menggunakan transportasi umum

4.      Mencetak tiket

5.      Membaca jadwal kereta

6.      Mengatur jadwal tidur

7.      Mengatur jadwal makan

8.      Mengatur jadwal shalat

9.      Bertanya arah

10.   Menulis tangan

11.   Mengatur uang

12.   Mengamati sekitar

13.   Mencari makanan halal

14.   Membaca peta

15.   Membaca kompas

16.   Memotret

17.   Mewawancarai narasumber

18.   Mencari penginapan

19.   Kebersihan

20.   Menjaga barang

21.   Tepat waktu

22.   Merespon keadaan darurat

23.   Mengobati sakit/luka ringan

24.   Diskusi

25.   Mind maping

26.   Menulis jurnal

27.   Membuat aturan bersama

28.   Menghormati adat setempat

29. Membuang sampah pada tempatnya

No comments:

Post a Comment