Thursday 9 November 2017

KEPUTUSAN OUTPUT EKSPLORASI 2017

Rencana Awal

Awalnya aku mau bikin tulisan sejarah tentang Pulau Seribu. Tapi ternyata banyak yang perlu dipelajari untuk menulis tulisan sejarah, sedangkan waktunya tidak cukup. Jadi aku beralih ke cerpen fiksi yang memiliki unsur sejarah di dalamnya.

Setelah Eksplorasi

Setelah eksplorasi tidak ada yang berubah. Aku tetap ingin menulis cerpen sejarah, walaupun di pulau sangat sedikit informasi sejarah yang kudapatkan.

Output

Cerpen sejarahnya sendiri belum selesai karena:
1. Membuat cerpen tidak semudah yang aku bayangkan
2. Ini adalah kali pertama aku menulis cerpen

Rencana

Rencanaku menyelesaikan output adalah sebagai berikut:

3-10 November 
 
Aku membaca novel sejarah
Novel yang aku baca adalah Rahasia Meede : Misteri Harta Karun VOC karya E.S Ito.
Alasan aku membaca novel ini, yang pertama ini novel sejarah, jadi aku bisa belajar bagaimana caranya menulis cerita fiksi sejarah. Yang kedua adalah novel ini salah satu settingnya ada di Pulau Seribu.
Setiap selesai satu bab, aku menarasikannya. Setelah itu aku mendiskusikan tokoh, cara dia menulis alur cerita, latar, dan misteri bersama ibu.

10-15 November

Setelah membaca buku tadi harapannya aku sudah mulai dapat ide dan dapat
mengembangan ide. Jika idenya sudah dapat aku akan mulai membuat kerangka. Tapi karena waktunya tidak cukup aku akan membuat draft awal dulu.

15 November

Submit output untuk mendapatkan masukan dari mentor. Setelah itu aku akan melakukan perbaikan-perbaikan.

22 November

InsyaAllah cerpennya sudah jadi dan siap dipublikasi.

No comments:

Post a Comment